Jumat, 19 Oktober 2012

Trik Membuat Pasta dan Nasi Putih


Anda pasti ingin sukses dalam mengolah pasta dan nasi, sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.  Berikut tips saat mengolah pasta dan memasak nasi :
a.  Pasta
1. Merebus Pasta : Perbandingannya 1,5 liter air untuk 100 gr pasta. Cara ini memungkinkan pasta mengembang sempurna dan tidak saling menempel.  Tambahkan garam pada air rebusan pasta bertujuan untuk meningkatkan rasa lezat, kemudian masukkan pasta, masak selama lima sampai 10 menit atau hingga pasta muncul ke permukaan.
Pasta basah memerlukan waktu rebus 2-3 menit dan untuk yang kering 8-10 menit.  Kurang dari waktu ini biasanya pasta akan terasa mentah, jika lebih pasta akan lunak dan kehilangan kekenyalan.
2. Mencegah pasta saling menempel satu sama lain  : Tambahkan sedikit minyak atau mentega ke dalam air untuk merebus pasta untuk mencegah pasta saling menempel satu sama lainnya.
3. Tes kematangan  pasta : dilakukan sekitar satu menit sebelum waktu yang ditentukan pada kemasan. Pasta kering seharusnya memang sudah masak, namun mungkin rasanya masih sedikit kenyal. Jika pasta menempel di dasar panci, biasanya karena sudah terlalu matang. Pasta segar akan naik ke permukaan air jika sudah masak. Warna pasta yang masak semestinya sama.
4. Mencegah pasta lengket pada peralatan yang digunakan untuk merebus : Saat pasta sudah matang, tambahkan air dingin 200 ml pada pan sebelum pasta ditiriskan.
5. Variasi pasta : Gunakan bumbu rendang, gulai, ataupun bumbu tomyam sebagai saus pasta Anda, sajikan dengan ikan asin ataupun bermacam bumbu tradisional Indonesia untuk mendapatkan cita rasa yang unik. Beberapa jenis pasta juga dapat anda padukan dengan salad atau anda sajikan didalam sup (seperti macaroni).

b.  Nasi Putih
1. Menghasilkan warna yang lebih putih : Tambahkan air perasan lemon ke dalam air yang digunakan untuk memasak nasi untuk membuat menghasilkan nasi yang lebih putih dan lebih pulen.
Jika Anda memasak nasi menggunakan panci, maka tambahkan 1 sendok teh butter untuk mencegah menjadi terlalu matang saat dimasak dan juga memberikan aroma yang lebih wangi.
2. Menambahkan aroma : Gunakan daun jeruk, daun salam atau daun pandan untuk membuat nasi lebih beraroma.
3. Menambahkan rasa  : Gunakan campuran air kaldu ayam, jahe, bawang putih, dan merah sebagai pengganti air untuk memasak nasi.
4. Memberikan warna  : Tambahkan air daun suji saat memasak nasi. Nasi putih ini dapat juga Anda olah dalam bentuk lain seperti nasi goreng kuning, hijau, ataupun merah.

Selamat mencoba....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar